Friday, 19 December 2008

TUGAS UTS

PROPOSAL PENELITIAN PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN DAN PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP.

1.Tema : Pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Restoran

2. Latar Belakang Masalah

Restoran Steak &Ribs Kenyot Corp. merupakan restoran yang cukup terkenal di daerahnya. Tentunya sudah banyak yang mengenal restoran ini dan menjadi pelanggan tetap. Di restoran ini juga disediakan menu-menu yang menarik juga pelayanan yang diberikan oleh restoran ini sangat baik sehingga para pengunjung dan pelanggan merasa puas. Namun pada tahun 2008 ini, Manajemen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp. Berencana untuk meningkatkan jumlah pelanggannya. Oleh karena itu, Manajemen Restoran menyadari akan pentingnya arti promosi bagi pelanggan. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial (Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restoran untuk mencermati strategi-strategi pemasaran yang paling tepat. Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp. berencana untuk meningkatkan jumlah pelanggannya di tahun 2008. Manajemen Restoran tersebut semenjak tahun 2006 telah menyadari bahwa bagian yang penting dari instrumen pemasaran produk perbankan adalah pesan (message) yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai unsur yang yang terdapat dalam program promosi. Menurut Juanda (2005) faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan cafe adalah produk, pelayanan dan promosi. Produk mencerminkan persepsi nasabah terhadap variasi dan kualitas produk serta jasa yang diberikan oleh restoran, serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya. Sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.

3. Permasalahan

- Bagaimana pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan ?

- Strategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan ?

4. Tujuan Penelitian

  1. Melaksanakan program promosi yang ditujukan untuk pelanggan serta masyarakat luas.

  1. Menyusun strategi serta kebijakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

  2. Mendeskripsikan tingkat kepuasan pelanggan setelah diadakannya promosi.

  3. Menganalisis apakah ada pengaruh kegiatan promosi terhadap peningkatan jumlah pelanggan.

5. Metodologi Penelitian

- Model

Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Descriptive Research model (D), penggambaran model dalam batasan minimum model yang menggambarkan pertanyaan penelitian dan mendaftarkan variasi variabel terikat dan tidak terikat tanpa menspesifikasikan hubungan diantaran variable-variabel tersebut.

    - Objek Penelitian

        Objek yang diteliti adalah para pelanggan dan pengunjung restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.

- Data

Tipe data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

- Indikator dan Variabel Penelitian

1. Pengelolaan produk

Variabelnya :

a. kualitas makanan

b. jenis menu

c. sajian makanan

d. hadiah

e. pelayanan

2. Promotion mix

Variabelnya :

a. Iklan

b. sales promotion

c. personal selling

    - Metode Pengumpulan Data

      Metode yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang responden yang berasal dari pelanggan tetap dan 100 orang responden dari pengunjung baru. Pertanyaan kuesioner dibuat secara tertulis dan berjumlah 25 soal pilihan yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju.

- Populasi & Sampel

Populasi : Seluruh pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.

Sampel : 100 responden diambil secara acak dari pelanggan tetap dan 100 responden diambil dari pengunjung baru.

- Alat Analisis

Metode pengumpulan data adalah dengan meggunakan kuesioner.

6. Rancangan analisis

Peneliti menggunakan kuesioner yang pertanyaannya telah dibuat oleh peneliti sebelumnya dengan menggunakan 15 pertanyaan pilihan secara tertulis kepada responden. Untuk memperoleh hasil data yang telah diperoleh maka digunakan :

1. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran responden terhadap pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan.

2. Analisis regresi umtuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.

7. Kesimpulan

1. Kegiatan promosi bisa dilakukan dengan kegiatan sales promotion dan personal selling untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

2. Manajemen Restoran dapat meningkatkan jumlah pelanggan dengan cara menciptakan produk baru dan meningkatkan manfaat dari produk tersebut.

  1. Kepuasan pelanggan dipangaruhi oleh kualitas produk, pelayanan dan promosi restoran.

  2. Manajemen restoran harus lebih meningkatkan kegiatan promosi dengan paduan pengelolaan produk dan promotion mix.

  3. Manajemen restoran juga perlu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, menambah variasi produk serta meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik lagi.

8. Usulan Strategi

1. Manajemen Restoran bisa menggunakan strategi promosi untuk meningkatkan jumlah pelanggan restoran dengan kegiatan sales promotion dan personal selling.

2. Membentuk tim-tim kerja lintas fungsional, sehingga diharapkan wawasan dan pengalaman karyawan semakin besar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuannya dalam melayani pelanggan.

3. Meningkatkan manfaat dari produk untuk memenuhi kebutuhan utama pelanggan. Semakin banyak manfaat disajikan oleh suatu produk semakin besar kemungkinan produk itu disukai pembeli dan pelanggan.

4. Mengadakan insentif pembelian. Insentif tersebut dapat di bagi menjadi enam kelompok, yaitu hadiah cuma-cuma, bonus pembelian, kupon dan potongan rabat, penjualan obral, pembayaran di belakan dan kontes.

5. Membangun kepercayaan pelanggan misalnya dengan cara jaminan harga, yaitu jaminan pembayaran kembali uang yang dipergunakan pelanggan untuk membeli produk. Pembayaran kembali uang tersebut dilakukan bilamana pelanggan merasa tidak puas atas produk yang mereka beli.

6. Menciptakan suatu produk baru.


1 comment:

pri said...

good work for your exam, but you didn't gave the research model

Rgds
Prihantoro